Melatih Anak untuk Mandiri

“There are two things children should get from their parents: roots and wings.”
-Johann Wolfgang von Goethe

PHILOSOPHICAL BACKGROUND

Berawal dari pengalaman pendiri Pusteblume Daycare dalam membesarkan anak selama beberapa tahun di Jerman, keinginan untuk membuat sebuah taman penitipan anak berkualitas timbul. Dari pengalaman tersebut, kami memimpikan sebuah daycare yang bukan sekedar tempat untuk menitipkan anak namun juga merupakan sebuah tempat untuk mendampingi, mengamati dan memberikan yang terbaik bagi anak agar tumbuh-kembang di masa keemasannya optimal namun tidak dengan memberikan beban dan target yang berat bagi anak.

Program pengasuhan anak di Pusteblume Daycare didasarkan pada model perkembangan anak yang menggabungkan teori Montessori (Italia) dan Waldorf (Jerman) dikombinasikan dengan kearifan lokal Yogyakarta dan Indonesia. Belajar melalui bermain digunakan sebagai landasan pengembangan kurikulum. Pengasuh dan pendidik memberikan perlindungan, keamanan, stimulasi tumbuh-kembang, dukungan, batasan-batasan, dan kasih sayang.

Tujuan utama sistem pendidikan di Pusteblume Daycare adalah membantu anak-anak untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih mandiri, percaya diri, mempunyai sopan santun dan menghargai orang lain serta karakter baik lainnya. Anak-anak diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi segala macam pengalaman dalam suasana kelas yang terbuka. Mereka boleh memilih kegiatan yang sesuai dengan usia termasuk perkembangan bahasa, keterampilan, dasar-dasar pengetahuan tentang alam sekitar, dan bermain peran. Kami menyadari bahwa anak-anak berkembang pada tingkat yang berbeda dan memiliki kepentingan yang berbeda, oleh karena itu rasio pendamping-anak ditetapkan dengan tepat sehingga memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan individu setiap anak.