Sudut bermain peran untuk mengembangkan imajinasi anak

Sudut pengembangan bahasa dan stimulasi sensorik

Arts and handycrafts

“Play is the highest form of research”
– Albert Einstein –

TODDLER PROGRAM

Toddler Program diperuntukkan untuk anak usia 21-48 bulan. Anak usia toddler memiliki karakteristik tersendiri dalam fase tumbuh kembangnya. Secara umum pertumbuhan fisik, baik dari segi berat maupun tinggi badan, berjalan cukup stabil. Pemahaman anak di usia toddler ini akan semakin meningkat dan terdapat kemajuan dalam perkembangan motorik. Hampir semua fungsi tubuh sudah matang dan stabil sehingga dapat beradaptasi dengan berbagai perubahan dan stress.

Di Pusteblume Daycare, kegiatan bermain dan belajar diprogram dan diarahkan sesuai dengan tahap perkembangan anak. Hal ini sangatnya diperlukan agar proses tumbuh kembang anak bisa optimal. Fokus utama stimulasi pada usia ini adalah pengembangan perilaku dan  pengembangan motorik yang melalui beberapa aspek perkembangan yaitu :

  • motorik kasar yang meliputi keterampilan gerakan yang melibatkan otot-otot besar, seperti berlari, melompat dan memanjat
  • motorik halus yang berkaitan dengan gerakan otot-otot halus, menuntut keterampilan yang melibatkan koordinasi antara mata dan tangan, yang memerlukan ketepatan
  • kognitif termasuk didalamnya kecerdasan dan kemampuan berbahasa anak (memahami, bicara);  dan,
  • sosial emosi yang mencakup pengendalian emosi, keterampilan bersosialisasi, sikap sportif, toleransi dan kebersamaan

Kami menyusun rencana kegiatan bulanan, mingguan dan harian secara tematik untuk mengembangkan aspek-aspek yang telah disebutkan di atas. Hal yang menjadi unggulan dalam pengembangan program usia toddler di Pusteblume Daycare adalah pembiasaan terhadap anak-anak melatih kemandirian anak dan belajar tentang keterampilan hidup sehari-hari (daily life skills) sehingga mereka semakin mandiri. Untuk itu, program yang kami rancang untuk toddler adalah sebagai berikut :

a. Language and sensory stimulation program
Anak akan diajarkan mengenal warna, bentuk, jenis, bau, dan kata-kata verbal sesuai dengan usianya. Semua kegiatan ini dilakukan sambil bermain ataupun dibacakan cerita sederhana. Hal ini bertujuan agar perkembangan kognitif anak berjalan dengan baik.
b. Toddler gym
Pengembangan motorik kasar dengan aktivitas di dalam dan luar ruangan diprogramkan dengan melakukan kegiatan senam sehat ceria di pagi hari setiap satu minggu sekali. Olahraga senam memiliki manfaat besar bagi anak, selain mampu melatih keseimbangan dan kelincahan tubuh, olahraga senam bisa membantu perkembangan motorik anak.
c. Craft and art day
Kegiatan pembuatan prakarya, menggambar, menyanyi, bermain peran maupun bermain alat musik sederhana diprogramkan setiap minggunya untuk mengembangkan motorik halus, kreativitas anak serta keseimbangan perkembangan otak kiri dan otak kanan anak.
e. Nature day
Anak-anak akan dikenalkan dengan lingkungan serta alam sekitar dengan mengadakan mini hiking. Hal ini sangat bermanfaat untuk menumbuhkan sikap menghormati dan menjaga alam/lingkungan sejak kecil baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Salah satu kegiatan dari nature day ini adalah kegiatan berkebun untuk menimbulkan sikap menghargai anak terhadap makanan yang tersedia.
f. Values and character education
Pembelajaran moral (budi pekerti) yang dilakukan di daycare kami dilakukan dengan metode cerita, teater boneka atau wayang. Konsep yang diadopsi oleh Pusteblume Daycare dalam pengembangan karakter adalah pembiasaan kebiasaan baik (good behaviour habituation). Program ini bertujuan untuk melatih kedisiplinan dan tanggung jawab sejak dini agar anak disiplin dalam kehidupannya, misalnya: makan di meja makan sambil duduk, merapikan selimut setelah bangun tidur, merapikan mainan setelah selesai bermain. Selain itu, anak usia toddler juga akan mendapatkan program toilet training untuk melatih anak agar bisa mengontrol buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) yang benar dan ditempat yang benar.