ABOUT PUSTEBLUME

– PHILOSOPHICAL BACKGROUND

Berawal dari pengalaman pendiri Pusteblume Daycare dalam membesarkan anak selama beberapa tahun di Jerman, keinginan untuk membuat sebuah taman penitipan anak berkualitas timbul. Dari pengalaman tersebut, kami memimpikan sebuah daycare yang bukan sekedar tempat untuk menitipkan anaka namun juga merupakan sebuah tempat untuk mendampingi, mengamati dan memberikan yang terbaik bagi anak agar tumbuh-kembang di masa keemasannya optimal namun tidak dengan memberikan beban dan target yang berat bagi anak.’

Program pengasuhan anak di Pusteblume Daycare didasarkan pada model perkembangan anak yang menggabungkan teori Montessori (Italia) dan Waldorf (Jerman) dikombinasikan dengan kearifan lokal Yogyakarta dan Indonesia. Belajar melalui bermain digunakan sebagai landasan pengembangan kurikulum. Pengasuh dan pendidik memberikan perlindungan, keamanan, stimulasi tumbuh-kembang, dukungan, batasan-batasan, dan kasih sayang.
Tujuan utama sistem pendidikan di Pusteblume Daycare adalah membantu anak-anak untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih mandiri, percaya diri, mempunyai sopan santun dan menghargai orang lain serta karakter baik lainnya. Anak-anak diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi segala macam pengalaman dalam suasana kelas yang terbuka. Mereka boleh memilih kegiatan yang sesuai dengan usia termasuk perkembangan bahasa, keterampilan, dasar-dasar pengetahuan tentang alam sekitar, dan bermain drama. Kami menyadari bahwa anak-anak berkembang pada tingkat yang berbeda dan memiliki kepentingan yang berbeda, oleh karena itu rasio pendamping-anak ditetapkan dengan tepat sehingga memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan individu setiap anak.

– VISION AND MISSION

Visi

Menjadi Taman Penitipan Anak (daycare) terbaik sebagai mitra terpercaya bagi orangtua dalam mendampingi, mengasuh, dan mendidik anak agar sehat secara mental dan fisik, cerdas, kreatif, mandiri, dan disiplin.

Misi

  1. mendampingi, merawat, membimbing, dan mengasuh anak dengan kasih sayang,
  2. mengoptimalkan pertumbuhan anak sesuai dengan tahapan tumbuh kembangnya,
  3. menyediakan “rumah kedua” bagi anak agar tumbuh di lingkungan yang aman dan nyaman,
  4. membentuk karakter anak dengan metode pembiasaan untuk menumbuhkan sikap mandiri, disiplin, jujur, dan menghargai orang lain, dan
  5. menumbuhkan sikap kreatif dengan pola pembimbingan bermain dan belajar.

WHAT IS PUSTEBLUME?

Pusteblume adalah bahasa Jerman dari bunga dandelion (taraxacum). Bunga ini yang memiliki “bunga-bunga” kecil yang bisa terbang ditiup angin. Bunga-bunga kecil ini sesungguhnya adalah biji dari tumbuhan dandelion. Biji yang tertiup angin ini bisa tumbuh dimanapun dia jatuh, bagaimanapun kondisi tanahnya.
Pusteblume Daycare berharap, kami dapat ikut mendampingi dan mengasuh anak-anak untuk menjadi anak-anak yang mampu mandiri dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dimanapun dia berada…just like a pusteblume flower!

Open chat